GERAKAN DIDIKAN SUBUH UPAYA MEMBENTUK GENERASI MUDA

  • Oct 31, 2022
  • webadmin-sungaipasak

Sungai Pasak- (31/10/2022). Didikan subuh merupakan kegiatan yang potensial dalam mendidik anak-anak tentang ajaran Islam. Didikan subuh merupakan sarana untuk membentuk mental, keberanian, komunikasi, disiplin dan akhlak anak. Didikan Subuh ini telah dilakukan oleh MDA AL-1QRA Desa Sungai Pasak yang dilaksanakan rutin seminggu sekali yaitu pada hari Minggu di Masjid Raya Sungai Pasak. Peserta yang mengikuti didikan subuh merupakan  siswa/siswi MDA AL-IQRA Desa Sunfai Pasak. Disini anak-anak dilatih bagaimana cara tampil didepan umum sehingga anak-anak memiliki mental dan keberanian.

 

Acara didikan subuh dilaksanakan setelah salat subuh berjamaah dan anak-anak diwajibkan salat subuh berjamaah dimasjid. Dengan peraturan tersebut anak-anak sudah terbiasa bangun sebelum shalat dimulai.

Setelah shalat berjamaah selesai langsung diadakan didikan subuh yang dipandu oleh guru MDA. Acara ini disusun oleh guru Pembimbing didikan Subuh (guru MDA) materi-materinya adalah, pembacaan ayat suci al-Qur’an dan saritilawah, Praktek bacaan shalat, Pembacaan do’a-do’a harian, , hafalan ayat-ayat pendek, Nyanyian Islami dan setelah itu kata-kata nasehat dari guru MDA dan lain sebagainya.

 

Dengan menanamkan nilai-nilai agama sejak dini, menumbuhkan mental dan keberanian, membentuk akhlak diharapkan nantinya anak-anak bisa membentengi diri mereka dari pengaruh-pengaruh negatif yang akan menjerumuskan dan menghancurkan mereka.