PELATIHAN TANGGAP BENCANA KEBAKARAN SKALA RUMAH TANGGA

  • Jun 19, 2024
  • webadmin-sungaipasak

Bencana Kebakaran Skala Rumah Tangga. Sebab mayoritas kebakaran yang terjadi di Indonesia salah satunya diakibatkan aktivitas rumah tangga.  Untuk peserta undangan memang dikhusukan untuk ibu-ibu rumah tangga yang memang banyak beraktivitas di rumah. Melalui Pelatihan ini masyarakat diharapkan dapat mencegah potensi terjadinya bencana kebakaran sehingga tercipta lingkungan yang aman.

 

Narasumber kali ini yaitu Bapak Hendra, SE dari Pemadam Kebakaran Kota Pariaman. Diawali dengan berupa penyampaian materi berupa pengenalan dan klasifikasi kebakaran, metode pemadaman, serta jenis pemadam api. Peserta diajak untuk mengenali potensi bahaya kebarakan pemukiman, dimana besar kemungkinan potensi kebakaran berasal dari dapur. Peserta ibu-ibu nampak antusias dalam mengikuti materi. Kegiatan dilanjutkan menampilkan sebuah video tentang kebakaran yang dapat terjadi di area rumah. Setelah pemutaran video, Bapak Hendra menjelaskan bagaimana sikap kita jika terjadi kebakaran dirumah kita yaitu dengan tidak “PANIK” agar kita bisa berfikir tindakan apa yang harus dilakukan. Serta mengenalkan dan menjelaskan Penggunaan Alat Pemadam Api Tradisional (APAT) maupun rekomendasi penggunaan APAR. Tindakan awal pemadaman api ditekankan kepada peserta mengingat hal ini penting guna menekan besaran api serta meminimalisir dampak.

 

Berharap dengan kegiatan ini akan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam hal pengetahuan dan pemadaman api di pemukiman atau rumah tangga. Tindakan awal pemadaman penting dilakukan untuk untuk meminimalisir potensi besaran api dengan tepat. Pun begitu hasil keluaran kegiatan ini diharapkan akan bermanfaat bagi peserta dalam lingkup rumah tangga dan bermasyarakat. (ai)