SOSIALISASI POLA ASUH DALAM PEMBERIAN MAKAN UNTUK ANAK

  • May 17, 2024
  • webadmin-sungaipasak

Sungai Pasak (14/05) – Pemerintah Desa Sungai Pasak melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pola Asuh dalam Pemberian Makan Untuk Anak selama 2 hari. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Sungai Pasak dengan peserta ibu-ibu yang memiliki anak usia bayi maupun balita. Kegiatan dibuka oleh Sekdes Desa Sungai Pasak Ibu Rini Deswita sekaligus menyampaikan bahwa pentingnya memperhatikan pola asuh dalam pemberian makan pada anak karena ini merupakan masa emas untuk perkembangan dan pertumbuhan bagi anak.


Pembukaan acara oleh Sekretaris Desa Sungai Pasak

Narasumber untuk hari pertama yaitu Sisru Syahputri, S.Gz selaku TPG Puskesmas Air Santok dan Sapta Eka Sari, Amd,Keb selaku Bidan Desa Sungai Pasak yang memberikan materi mengenai Pola Asuh dalam Pemberian Makan untuk Anak. Ibu Sisru Syahputri, S.Gz menyampaikan bahwa “Pemberian makanan yang terlalu dini dan tidak tepat akan  mengakibatkan  anak  menderita kurang gizi. Karena ketika anak terindikasi kurang gizi bahkan gizi buruk  akan manjadi hambatan  perkembangan otak, kecerdasan, kemampuan belajar dan rendahnya produktifitas  yang bersifat permanen. Untuk itu perlu dilakukan pemantauan pertumbuhan sejak lahir secara rutin. Dari anak masih dalam kandungan sudah harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.”

Menghasilkan anak yang sehat ada 4 kategori yang perlu di perhatikan yang pertama Makanan, yaitu dg menu 4 bintang seperti karbohidrat, protein, sayur dan buah. Kedua Prakter pemberian makanan dan pengasuhan. Ketiga Pelayanan Kesehatan seperti pemberian imunisai bagi anak. Dan keempat Kebersihan Sanitasi dan Air Bersih. Ada standar Emas pemberian makan bayi dan anak yaitu IMD (inisiasi menyusui dini) segera setelah anak lahir, memberikan ASI eklusif sampai 6 bulan, memberikan makanan pendamping (MPASI) mulai umur 6 bulan dan menyusui dilanjutkan sampai anak umur 24 bulan.

Hal-hal yang harus dipertimbangan dalam pemberian MPASI yaitu usia, frekuensi, jumlah, tekstur, variasi, pemberian makanan aktif/responsive dan kebersihan atau disingkat dengan UFRE JUTEK VARES BERSIH . Karena tiap anak 6 bulan pertama, anak 6-9 bulan, anak 9 -12 bulan dan anak 12-24 bulan pada pemberian MPASI mempunyai kategori masing-masing dan tentu berbeda dalam pemberian Mpasi pada usia tersebut.


Penyampaian materi oleh Ibu Sisru Syahputri, S.Gz

Setelah pemberian materi, Ibu Sapta Eka Putri, Amd.Keb menyiapkan bahan-bahan untuk pembuatan Mpasi dan meminta kepada Ibu-Ibu peserta untuk prakter pembuatan Mpasi dengan kategori usia 6 bulan pertama, 6-9 bulan, 9-12 bulan dan 12-24 bulan. Peserta di bagi menjadi 4 kelompok dengan kategori usia yang berbeda-beda.


Bahan-Bahan untuk pembuatan Mpasi

 

                   
            Kelompok I (Usia 6 Bulan pertama)                                        Kelompok II (Usia 6 – 9 Bulan)                                                    

Kelompok III (9 – 12 Bulan)

            
Kelompok IV (Usia 12 – 24 Bulan)                                           Hasil Pembuatan Mpasi masing-masing kelompok

Setelah selesai, Ibu Sapta Eka Putri, Amd.Keb  menilai semua ibu-ibu peserta sudah paham dalam pembuatan Mpasi ini sesuai dengan UFRE JUTEK VARES BERSIH. (ai)